Untuk postingan kali ini saya ingin berbagi tips tentang bagaimana cara agar keluar sebuah keterangan secara otomatis dari blog ketika artikel kita di copy – paste oleh orang lain. Penasaran bukan?! Nah, bagi Anda yang ingin mengaplikasikan tips ini ke blog Anda  coba ikuti langkah yang diberikan dibawah ini.



Langkah agar keluar sebuah keterangan secara otomatis saat artikel blog di copas, yaitu :

Langkah pemasangan Attribution Link
Langkah 1
Pertama silahkan kunjungi tynt.com kemudian klik tombol “FREE! Get Started” yang berwarna oranye.
Langkah 2
Setelah itu lakukan pendaftaran dengan mengisi formulir yang disediakan lalu klik tombol “Sign Up”.
Langkah 3
Jika sudah nantinya Anda akan dibawa ke halaman ATTRIBUTION seperti dibawah ini.

 
Link prefix, adalah kalimat yang muncul sebelum link
Link Suffix, adalah kalimat setelah link
Link, adalah pilihan penampilan anchor pada saat artikel Anda di copas. Disini Anda bisa memilih : URL yang nantinya akan menampilkan url ke blog Anda, Page Title yang akan menampilkan keterangan judul dari postingan Anda yang di copas, atau Page Title and URL yang nantinya menampilkan keduanya.
Langkah 4
Kemudian pilih dimana nantinya Anda ingin menampilkan keterangan tersebut. Pilih Above the copied text, jika Anda ingin menampilkan keterangan diatas tulisan hasil copas atau Below the copied text, bila ingin menampilkan keterangan dibawah tulisan.
Langkah 5
Disini Anda juga bisa menambahkan mode lisensi dengan memberi centang pada Add Creative Commons License lalu pilih beberapa opsi lisensi attribution dari Creative Commons lalu klik “Update Preview”.
Langkah 6
Selanjutnya untuk mendapatkan kode script-nya, silahkan klik Get Your Script. Kemudian copy script yang diberikan lalu pasang pada blog Anda. Caranya : Dashboard > Rancangan > Edit HTML > centang Expand Template Widget > lalu paste script diatas kode </body> kemudian Simpan Template.
Langkah 7
Jika sudah, klik tombol “Text Your Script” yang berada di bawah box Your Script untuk melihat apakah pemasangan telah berhasil atau belum.

Layanan Tambahan
Ternyata selain menawarkan layanan pemasangan Attribution Link, Tynt juga memberikan fasilitas lain yaitu Address Bar, Link Sponsorship, dan Laporan via Email.

Address Bar
Fasilitas ini berfungsi agar ketika seseorang mengcopy alamat artikel Anda melalui address Bar nantinya akan dibaca juga oleh tynt. Hanya saja, disini saya tidak memakainya karena Tynt secara otomatis menambahkan unique kode di setiap akhir alamat postingan kita.
Untuk mengaktifkannya silahkan Anda klik tab Address Bar pada menu Link Setup lalu klik opsi Enable Address Bar Tracking.

Link Sponsorship
Fasilitas lainnya adalah Link Sponsorship. Dengan fasilitas ini Anda bisa menggunakannya untuk mempromosikan usaha Anda atau membuat pesan pengingat berlangganan via email. Cara memasangnya :
Langkah 1
Silahkan klik tab Link Sponsorship yang berada pada menu Link setup. Kemudian Masukkan keterangan sponsor sesuai dengan keinginan kita.


Keterangan :
Pada Extra Link Message isi dengan kata pembuka untuk link Anda.
Pada Sponsor Name isikan dengan anchor link/nama link.
Pada Link Destination isi dengan alamat link Anda.

Langkah 2
Jika sudah klik tombol Create and Preview lalu klik Get your script untuk mendapatkan kode scriptnya. Kemudian pasang di blog Anda, caranya : Dashboard > Rancangan > Edit HTML > centang Expand Template Widget > lalu paste script diatas kode </body> kemudian Simpan Template.
Langkah 3
Jika sudah, klik tombol “Text Your Script” yang berada di bawah box Your Script untuk melihat apakah pemasangan telah berhasil atau belum.

Laporan via Email
Selain fasilitas diatas Anda masih bisa mendapatkan layanan lain yaitu laporan via email. Layanan ini berguna untuk mengirimkan via email setiap artikel yang di copy – paste. Cara mendapatkan layanan ini :
Langkah 1
Silahkan klik menu Account Setting kemudian centang Enable Email Report.
Langkah 2
Masukkan alamat email Anda yang akan menerima laporan tersebut. Untuk mendapatkan laporan di beberapa alamat email, pisahkan dengan koma.
Langkah 3
Jika sudah klik Save.