Orang memang sering salah sebut. Kata virus hampir selalu dipakai untuk menyebut program-program yang sengaja dibuat agar dapat
merusak komputer tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Program semacam ini terkenal dengan malware (malicious software).
Virus itu cuma satu contoh malware. Selain virus, masih ada worms, trojan, wabbit, dan lain-lain, yang juga bisa disebut malware.
Berikut macam-macam malware tersebut.

1. Virus
Inilah istilah yang sering dipakai untuk seluruh jenis peangkat lunak yang mengganggu komputer. Bisa jadi karena inilah tipe malware pertama yang muncul.
Virus bisa bersarang dibanyak tipe file. Tapi boleh dibilang, target utama virus adalah file yang bisa dijalankan seperti EXE, COM, dan VBS, yang menjadi bagian dari suatu perangkat lunak. Boot sector juga sering dijadikan sasaran virus untuk bersarang. Beberapa file dokumen juga bisa dijadikan sarang oleh virus.
Penyebaran ke komputer lain dilakukan dengan bantuan pengguna komputer. Saat file yang terinfeksi dijalankan dikomputer lain, kemungkinan besar komputer lain itu akan terinfeksi pula. Virus mencari file lain yang bisa diserangnya dan kemudian bersarang di sana.
Bisa juga virus menyebar melalui jaringan peer-to-peer yang sudah tak asing digunakan orang untuk berbagi file.

2. WormWorm alias cacing, begitu sebutannya. Kalau virus bersarang pada suatu program atau dokumen, cacing-cacing ini tidak demikian. Cacing adalah sebuah program yang berdiri sendiri dan tidak membutuhkan sarang untuk menyebarkan diri.
Hebatnya lagi, cacing bisa tidak memerlukan bantuan orang untuk penyebarannya. Melalui jaringan, cacing bisa "bertelur" di komputer-komputer yang terhubung dalam suatu jaringan. Ia masuk dari suatu kerapuhan (vulerability) dari suatu sistem, biasanya sistem operasi.
Setelah masuk ke dalam suatu komputer, worm memodifikasi beberapa pengaturan di sistem operasi agar tetap hidup. Minimal, ia memasukkan diri dalam proses boot suatu komputer. Lainnya, mungkin mematikan akses ke situs antivirus, menonaktifkan fitur keamanan di sistem, dan tindakan lain.

3. Wabbit
Istilah ini mungkin asing, tapi memang ada malware tipe ini. Seperti worm, wabbit tidak membutuhkan suatu program dan dokumen untuk bersarang.
Tetap berbeda dengan worm yang menyebarkan diri ke komputer lain menggunakan jaringan, wabbit menggandakan diri secara terus menerus di dalam sebuah komputer lokal dan hasil penggandaan itu akan menggerogoti sistem.
Kinerja komputer akan melambat karena wabbit memakan sumbera daya yang lumayan banyak. Selain memperlambat kinerja komputer karena penggunaan sumber daya tersebut, wabbit bisa diprogram untuk memiliki efek samping yang efeknya mirip dengan malware lain. Kombinasi-kombinasi malware seperti inilah yang bisa sangat berbahaya.

4. Keylogger
Hati-hati kalau berinternet di warnet atau di kantor yang mempunyai aturan ketat. Bisa saja pada komputer itu diinstali suatu perangkat lunak yang dikenal dengan istilah keylogger yang mencatat semua tekanan tombol keyboard.
Catatan yang disimpan dalam suatu file yang bisa dilihat kemudian itu lengkap. Di dalamnya bisa terdapat informasi seperti aplikasi tempat penekanan tombol dilakukan dan waktu penekanan. Dengan cara ini, seseorang bisa mengetahui username, password, dan berbagai informasi lain yang dimasukkan dengan cara pengetikan.
Pada tingkat yang lebih canggih, keylogger mengirimkan log yang biasanya berupa file teks itu ke seseorang. Tentu saja itu dilakukan tanpa sepengetahuan si korban. Pada tingkat ini pula keylogger bisa mengaktifkan diri ketika pengguna komputer melakukan tindakan tertentu.
Misalnya begini. Ketika pengguna komputer membuka situs e-banking, keylogger aktif dan mencatat semua tekanan pada keyboard di situs itu dengan harapan nomor PIN dapat dicatat.
Keylogger ini cukup berbahaya karena secanggih apa pun enkripsi yang diterapkan oleh suatu website, password itu tetap dapat diambil. Pasalnya, password itu diambil sebelum sempat dienkripsi oleh sistem. Jelas dong. Keylogger merekam sesaat setelah password diketikkan dan belum diproses oleh sistem.

5. Browser Hijacker
Tak akan terlupakan peristiwa runtuhnya World Trade Center di New York 9 September 2001. Kala itu, 2 pesawat yang dibajak dan ditabrakkan mengakibatkan gedung kembar itu runtuh.
Kedua pesawat harusnya berangkat dari Boston menuju Los Angeles. Tapi oleh pembajak, pesawat diarahkan ke WTC dan ditabrakkan ke sana. Tak berbeda, browser hijackermengarahkan browser yang seharusnya menampilkan situs yang sesuai dengan alamat yang dimasukkan ke situs lain.
Itu contoh akibat yang paling parah dari gangguan yang disebabkan oleh browser hijacker. Contoh lain yang bisa dilakukan oleh pembajak ini adalah menambahkan bookmark, mengganti home page, serta mengubah pengaturan browser.
Bicara mengenai browser di sini boleh yakin 100% browser yang dibicarakan adalah Internet Explorer. Selain karena Internet Explorer adalah buatan Microsoft, raksasa penghasil perangkat lunak yang produknya sering dijadikan sasaran serangan cracker, Internet Explorer adalah browser yang paling banyak digunakan orang untuk berinternet. Tak heran, Internet Explorer telah menyatu dengan Windows, sistem operasi milik Microsoft yang banyak diserbu oleh cracker.

6. Troya
Sudah 10 tahun lamanya Yunani mengurung Troya. Taktik baru untuk mengalahkan Troya pun dibuat. Yunani membangun sebuah patung kuda berukuran raksasa untuk dihadiahkan kepada Troya. Padahal, di dalam patung itu, terdapat bala tentara Yunani bersembunyi. Sementara, tentara Yunani yang mengurung Troya bersembungi sehingga seolah-olah Yunani rela melepaskan Troya.
Troya menerima patung kuda itu dan diletakkan di dalam benteng. Tengah malam, pasukan Yunani keluar dari patung kuda dan merengsek dan berhasil menduduki Troya.
Istilah Kuda Troya ini kemudian digunakan untuk malware yang seolah-olah merupakan program yang berguna, yang menghibur, yang menyelamatkan, padahal di balik itu, ia merusak. Kuda ini bisa ditunggangi oleh malware lain seperti virus, worm, spyware. Troya dapat digunakan untuk menyebarkan atau mengkatifkan mereka.
Bisa saja suatu program dibuat seolah-olah adalah antivirus gratis. Memang program itu menghapus suatu virus, tapi ternyata selain itu, ia juga memasukkan virus lain ke dalam komputer.
Bedanya dengan virus dan worm, Troya tidak dapat menggandakan diri. Tapi virus atau worm yang "nebeng" di dalamnya bisa saja.

7. Spyware
Spyware adalah perangkat lunak yang mengumpulkan dan mengirimkan informasi tentang pengguna komputer tanpa diketahui oleh si pengguna itu. Informasinya bisa saja yang tidak terlampau berbahaya seperti pola berkomputer, terutama berinternet, seseorang, sampai yang berbahaya seperti nomor kartu kredit, PIN untuk perbankan elektronik (e-banking), dan password suatu akun.
Informasi tentang pola berinternet, telah disebutkan, tidak terlampau berbahaya. Situs yang dikunjungi, informasi yang kerap dicari, obrolan ruang chat akan dimata-matai oleh si spyware.
Selanjutnya, informasi itu digunakan untuk menampilkan iklan yang biasanya berupa jendela pop-up. Iklan itu berhubungan dengan kebiasaan seseorang berinternet. Misalnya, kerap kali seseorang mencari informasi mengenai kamera digital. Jendela pop-up yang muncul akan menampilkan, misalnya, suatu situs yang berdagang kamera digital. Adware adalah istilah untuk spyware yang begini.
Penyebaran spyware mirip dengan Trojan. Contohnya, Flashget. Ketika Flashget yang dipakai belum diregister, Flashget bertindak sebagai spyware. Coba saja hubungkan diri ke Internet, jalankan Flashget yang belum diregister, cuekin komputer beberapa saat, pasti muncul jendela Internet Explorer yang menampilkan iklan suatu situs.

8. Backdoor
Ini namanya main belakang. Kepingin cepat dapat Surat Izin Mengemudi (SIM), daripada lewat prosedur standar yang mengharuskan tes ini dan tes itu, mendingan siapkan duit buat menyogok aparat. SIM cepat di dapat tanpa antre lama, tanpa tes ini dan itu.
Tidak berbeda dengan contoh bikin SIM, dengan melanggar prosedur, malware berusaha masuk ke dalam sistem untuk mengakses sumber daya serta file.
Berdasarkan cara bekerja dan perilaku penyebarannya, backdoor dapat dibagi menjadi 2 grup. Grup pertama mirip dengan Troya. Mereka secara manual dimasukkan ke dalam suatu program pada perangkat lunak dan kemudian ketika perangkat lunak itu diinstal, mereka menyebar. Backdoor dalam grup ini dijalankan sebagai bagian dari proses boot.
Ratware adalah sebutan untuk backdoor yang mengubah komputer menjadi zombi yang mengirimkan spam. Backdoor lain mampu mengacaukan lalu lintas jaringan, melakukan brute force untuk meng-crack password dan enkripsi, dan mendisitribusikan serangan distributed denial of service (DDoS).

9. Dialer
Hati-hati apabila koneksi Internet di rumah Anda menggunakan dial-up. Andaikata komputer yang digunakan, tak ada hujan tak ada badai, berusaha menghubungkan diri ke Internet. Padahal tidak ada satu pun perangkat lunak yang dijalankan membutuhkan koneksi, maka layaklah dicurigai. Komputer kemungkinan telah terjangkit oleh malware yang terkenal dengan istilah dialer.
Tambah parah lagi karena dialer kadang mengganti nomor penyedia layanan Internet yang biasa dihubungi dengan nomor penyedia layanan Internet lain yang biasanya nomor jarak jauh, seringkali nomor luar negeri. Akibatnya, tagihan telepon menjadi melonjak tak terkira.
Buat apa menghubungkan diri ke Internet? Siapa yang diuntungkan?
Dialer menghubungkan komputer ke Internet guna mengirimkan informasi yang didapat oleh keylogger, spyware atau malware lain ke seseorang yang memang bertujuan demikian. Dia dan penyedia jasa teleponlah yang paling diuntungkan dengan dialer ini.